Rabu, 30 Oktober 2013

LEGITIMASI KEKUASAAN DAN MORAL KEKUASAAN

MAKUL PKN

1. Pengertian Etika Politik
    Sebagai salah satu cabang etika, khususnya etika politik termasuk dalam lingkungan filsafat. Filsafat yang langsung mempertanyakan praksis manusia adalah etika. Etika mempertanyakan tanggung jawab dan kewajiban manusia. Ada berbagai bidang etika salah satunya etika politik yang berkenaan dengan politis kehidupan manusia.
Etika berkaitan dengan norma moral, yaitu norma untuk mengukur betul-salahnya tindakan manusia sebagai manusia. Dengan demikian, etika politik mempertanyakan tanggung jawab dan kewajiban manusia sebagai manusia dan bukan hanya sebagai warga Negara terhadap Negara, hukum yang berlaku dan lainnya.
Fungsi etika politik dalam masyarakat terbatas pada penyediaan alat-alat teoretis untuk mempertanyakan serta menjelaskan legitimasi politik secara bertanggung jawab. Etika politik tidak langsung mencampuri politik praktis. Tugas etika politikmembantu agar pembahasan masalah-masalah ideologis dapat dijalankan secara objektif. 

2. Legitimasi Kekuasaan
   Yaitu kekuasaan yang mempunyai kekuatan hukum. Pokok permasalahan etika politik adalah legitimasi etis kekuasaan, yang dapat dinyatakan dengan pertanyaan.
Legitimasi Kekuasaan meliputi :
a. Legitimasi etis, yaitu pembenaran wewenang Negara (kekuasaan Negara) berdasarkan prinsip-prinsip moral.
b. Legitimasi legalitas, yaitu keabsahan kekuasaan itu berkaitan dengan fungsi-fungsi kekuasaan Negara dan menuntut agar fungsi-fungsi itu diperoleh dan dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku.

3. Legitimasi Moral dalam kekuasaan
    Legitimasi etis mempersoalkan keabsahan kekuasaan politik dari norma-norma moral. Legitimasi ini muncul dalam konteks bahwa setiap tindakan Negara baik dari legislatif maupun dari eksekutif dapat dipertanyakan dari norma-norma moral, tujuannya yaitu agar kekuasaan itu mengarahkan kekuasaan ke pemakaian kebijakan dan cara-cara yang semakin sesuai dengan tuntutan kemanusiaan yang adil dan beradab.

SEBELUM LANJUT LIHAT SURGA YUU DI SINI SURGA DI PULAU MUNA
 

SOAL
1.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan legitimasi kekuasaan?
2.    Jelaskan apa yang dimaksud moral dalam kekuasaan

JAWAB
1.   Legitimasi kekuasaan adalah pengakuan bersama seluruh masyarakat di mana sesuatu atau seseorang diterima sebagai yang benar dan tepat untuk memegang tampuk kekuasaan.
2.    moral dalam kekuasaan adalah  kekuasaan politik yang bersumber dari norma-norma moral, dalam konteks bahwa setiap tindakan Negara baik dari legislatif maupun dari eksekutif harus memiliki landasan norma-norma moral  agar kekuasaan itu mengarahkan ke pemakaian kebijakan dan cara-cara yang semakin sesuai dengan tuntutan kemanusiaan yang adil dan beradab.


Sumber: Drs.Syahrial Starbaini,M.A. Pendidikan PANCASILA Di Perguruan Tinggi, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta, 2002.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WAJIB KLIK DI SINI