Senin, 03 Maret 2014

ASAL USUL KATA WA DAN LA DALAM MASYARAKAT MUNA DAN BUTON

apa yang perna ku dengar
Makna nama orang muna untuk laki-laki di awali dengan LA dan untuk perempuan WA.
Nama setiap orang muna untuk laki-laki selalu di awali dengan menggunakan kata LA dan perempuan menggunakan kata WA. Ungkapan kata La dan Wa untuk masyarakat Muna dan Buton telah dipahami oleh sebagian besar masyarakat berasal dari kalimat Tauhid yakni dari “syahadat thain” (ashadualla Illallah illallah) dan diartikan La sebagai kesatuan dari kalimat sahadat (bukan penggalan kata) dan untuk Wa bermakna yang sama untuk kalimat sahadat rasul (Washaduanna Muhammad Darasulullah).
Dengan pemahaman tersebut menyebabkan RASA BANGGA melekat bagi mereka yang menggunakan kata depan nama (La/Wa). Pemahaman konsep tersebut dapat bernilai wajar manakala memang demikian adanya, namun minimal penggunaan kata depan La/Wa menjadi pembeda dengan masyarakat lain di nusantara ini, bahkan pada skala dunia.
Pemaknaan kerangka berpikir dan pemahaman masyarakat dengan penggunaan nama depan La dan Wa dikaitkan dengan sumber asal katanya. Secara garis besar, ada dua pemikiran saudara saya di jazirah muna dan buton yang menjelaskan asal kata depan “La” sebagai berikut :
Kata La diambil dari kalimat tauhid (sahadat) “ashadualLa Illallah illallah”,
Kata La diambil dari kalimat tahlil “La Ilaha illallah”, Sedangkan untuk kata Wa, mempunyai asal kata yang sama yakni dari kalima Wa ashadu anna muhammad darasullullah (sahadat rasul).
Pemahaman Makna Kata “Ode” oleh Masyarakat Jazirah Muna Dan Buton saat ini
Makna kata “Ode” secara prinsip umumnya bermakna sama yakni Suatu Kelas Sosio Cultural Masyarakat Dari Kalangan Bangsawan. Informasi/uraian banyak yang tidak menjelaskan apa syarat seseorang dikatakan bangsawan dan berhak menyandang Ode pada namanya. Asal kata “Ode” yang berarti “bangsawan yang ditemukan dalam literatur bahasa arab yang tua”, tidak menjelaskan bahasa arab tua yang mana yang dirujuk, dan apa makna sebenarnya? Kata ode ini adalah bentuk marga yang di gunakan masyarakat muna dari kalangan bangsawan dahulu.  Kata La Ode juga diartikan orang yang mulia atau terpuji di depan Allah. Asal kata Ode merupakan bahasa hidup yang berasal dari bahasa arab, dimana serangkaiannya dengan Kata La/Wa juga dari bahasa arab, sehingga dua kata tersebut menjadi bahasa/huruf hidup (La/Wa+Ode).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WAJIB KLIK DI SINI