Jumat, 13 Desember 2013

SEJARAH DESA LAHONTOHE

DESA LAHONTOHE KINI MENJADI DESA LAGHONTOGHE
SEJARAH PERJALAN DESA LAHONTOHE 



Nama lahontohe sebenarnya telah ada sejak struktur pemerintahan di Kab. Muna berbentuk kerajaan, pada awalnya desa lahontohe yang pada saat itu masi bernama kampong lahontohe berpusat di sebelah utara wilaya pesisir  kab. Muna yaitu di desa oempu sekarang atau walengkabola.  Pd saat itu kampong lahontohe karena memeliki karakteristik tersendiri maka oleh kerajaan muna, lahontohe diberikan hak keistimewaan untuk mengurus dirinya sendiri dlam otonomi khusus. Sehingga pada saat itu lahontohe memeliki struktur pemerintahaan layaknya sebua kerajaan di karenakan kepala kampong yg memerintah pada saat itu adalah juga saudara dari sultan buton (Murhum) yaitu lade maguntara.  Seiring perkembangan jaman dengan beralihnya tata pemerintahan yang pola perkembanganya mulai dari masa penjajahan kemudian berganti kemasa penjajahan jepang kemudian setelah Indonesia merdeka dan memasuki orde lama, kampong lahontohe masi eksis dengan tata pemerintahannya.

Ketika terjadi pergeseran dari orde lama memasuki masa orde baru, seiring itu pula kampong lahontohe mulai berbena. Sehingga pada tahun 1966 – 1967 ketika ada program pemerintah yang dinamakan resettlement desa, maka penduduk kampung lahontohe  melakukan migrasi kedesa danagoa yang saat ini telah berganti nama menjadi kelurahan danagoa.
Sebagai akibat dari terjadinya migrasi besar-besaran oleh masyarakat, kampong lahontohe maka sejak saat itu kampong tersebut namanya di hapus dan berganti nama menjadi desa danagoa yang saat itu di jabat oleh Bapak Abdulla B.
Seiring berjalannya waktu maka desa danagoa terus berbena dan pada tahun 1976 atas prakarsa dari beberapa toko masyarakat yang melakukan rembuk untuk melakukan pemekaran desa danagoa. Saat itulah yang menjadi cikal bakal lahirnya desa lahontohe.
Nama desa lahontohe diambil untuk tetap mengabadikan nama kampong lahontohe yang merupakan kampung leluhur bagi masyarakat desa danagoa. Sehingga pada tahun 1976 tersebut juga lahirlah surat keputusan bupati Muna yang menetapkan desa Danagoa dimekarkan menjadi dua yaitu desa danagoa sebagai desa induk dan desa lahontohe sebagai desa pemekaran sampai sekarang sekaligus pada saat itu juga dilantik pejabat kepala desa pertama yaitu LM. Rasyid.
Desa lahontohe membuktikan kemandiriannya dengan sangat cepat membangun sumber daya manusia yang cerdas dan intelektual serta pembangunan fisik yang begitu maju di Kota Wakuru kecamatan Tongkuno Kab Muna.
Pada tahun 2013 tanggal 2 maret di masa pemerintahan kepala desa la ode ridali desa lahontohe kembali berganti nama menjadi desa Laghontoghe atas surat keputusan bupati muna saat ini.
Demografi lahontohe
Lahontohe memili luas kurang lebih +12Km2
Terbagi atas dua dusun yaitu dusun 1 Lamorende dan dusun 2 tembeua.
Lahontohe berbatasan dengan
Sebelah utara Kel. Danagoa kecamatan Tongkuni
Sebelah Selatan Desa Lianosa kecamatan tongsel
Sebelah barat Desa Oelongko kec. Bone
Timur dengan desa matano oe  kecamatan tongkuno

Sejarah Pemerintahan desa Lahontohe/Laghontghe
1.      1967 – 1976 dijabat oleh H. Abdullah B.
2.      1976 – 1993 dijabat oleh Kopka. LM. RASYID (TNI)
3.      1933 – 1999 Dijabat oleh Serma LA TARISI (TNI)
4.      1999 – 2000 DiJabat  Oleh L. ANDIGALA (pelaksana)
5.      2000- 2003 Dijabat oleh Drs. Rohani Hasan ( digulingkan Oleh rakyat hanya menjabat 3 tahun)
6.      2003 – 2004 dijabat oleh Zainal abiding (sebagai Pelaksana kepala desa sementara)
7.      2004 – 2009 dijabat oleh La Ode ridali
8.      2009 – sekarang di jabat oleh la ode ridali insya allah sampai dengan 2016 dalam periodeke duanya.

Visi  desa lahontohe / laghontoghe
“SEHATI” Sejahterah , Harmonis, Tangguh, Inspiratif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WAJIB KLIK DI SINI