Selasa, 28 Mei 2013

DESA LAHONTOHE KEBANJIRAN

 BANJIRRRRRRRRRRRRR LAGI....!!!!





BANJIR seakan menjadi hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat lahontohe yang kini menjadi desa laghontoghe, letak lahontohe yang begitu rendah dan di lewati kali atau sungai LANOSANDANA membuat peluang desa lahontohe untuk tergenangi air sangat mungkin. Kepala Desa Lahontohe LA ODE RIDALI telah melakukan banyak hal untuk mengatasinya seperti renasi, pemdalaman kali kulesi pembersihan, penghijaun yang dilakukan menam pohon dongkina dan mangga serta rambutan dengan jumlah yang banyak, namun ini belum mampu memberi solusi. masyarakat sangat bangga punya kepala desa lahontohe la ode ridali karena dengan kebijakannya diyakini telah mampu menyeimbanggi hal-hal yang memang sangat di kwatirkan masyarakat desa lahontohe. andai kata perubahan dan tindakan di atas tidak di lakukan, maka kemungkinan lahontohe menjadi desa kali akan terjadi. 
namun baru-baru ini MUSREMBANG kab. muna yang dilaksanakan di desa lahontohe gedung pertemuan KINO LAGHONTOGHE masyarakat sempat mengusulkan agar dilakukan Tindakan nyata dari pemerintah daerah untuk penanganan banjir di lahontohe, sehingga air yang menjadi hal mengancam lahontohe bisa berubah menjadi sumber rahmat bagi desa lahontohe, misalnya di buatkan kanal dan waduk besar yang di harapkan bisa menjadi sumber air bersi dan perairan sawa di desa laghontoghe.
hal-hal yang menjadi faktor penyebab banjir
1. ilegal loging yang marak dan tak terkendali di sekitar desa lahontohe
2. tertimbunya sumber resapan air yang di jadikan bangunan
3. maraknya bangunan-banguna besar
4. tidak adanya tempat pembuangan dan pengolahan sampah sehingga sampah memenuhi selokan dan tempat mengalirnya air
5. pembuatan kanal atau irigasi oleh tentangga desa yang pembuangan terakhirnya mengarah ke desa lahontohe dan matano oe
6. faktor tanah yang rendah

VIDEO BANJIR LAHONTOHE

DONLOAD VIDEO BANJIR DESA LAGHONTOGHE


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WAJIB KLIK DI SINI