MAKALAH
KOMPUTER
DAN MASYARAKAT
Pemanfaatan Komputer masyarakat
Disusun Oleh:
La Ode Bulangkamoni
|
:
|
201052027
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
STMIK Bina Bangsa Kendari
2013
KATA PENGANTAR
Bismilahirahmani Rahim
Puji
syukur Kami Panjatkan Kehadirat Allah SWT, Pemilik dari semua ilmu pengetahuan
baik yang suda di ketahui manusia maupun yang belum di ketahui oleh manusia,
yang telah memberikan kami rahmatnya untuk menyusun makalah ini dalam keadaan
yang terbaik dari sang pencipta. Dengan izin dan kebesaranyalah kami secara
berkolompok mampu menyelesaikan makalah ini dengan judul Pemanfaatan Komputer
Masyarakat.
Besar harapan kami agar makalah ini
dapat bernilai ilmu pengetahuan dan bermanfaat untuk semua kalangan, khususnya
Mahasiswa STMIK Bina Bangsa Kendari.
Semua unsur kebenaran dalam makalah ini
datangnya dari Allah SWT, dan bila terdapat banyak kekeliruan maka itu
datangnya dari sisi kami pribadi selaku penyusun dan memintakan maaf atas hal
itu, karena kami menyadari bahwa kami manusia biasa yang tidak luput dari
kesalahan.
Semoga Allah SWT, selalu mencurakan
Rahmatnya dan Ilmu pengetahuannya untuk kita semua sebagai Kompas untuk
menopang Perjalanan kita kearah yang lebih bermanfaat dan baik. Amin …!!!
Kendari, 18
Februari 2013
Penyusun
BAB. I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Melihat
Perkembangan zaman dan Perkembangan teknologi seakan dua unsur yang tidak bisa
terabaikan, dimana perkembangan zaman selalu di ukur dengan perkembangan
tekonologi yang terjadi di masyarakat.
Masyarakat
dan teknologi Komputer diharapkan dapat berjalan serasi demi kemuajuan sebuah zaman
saat ini. Komputer Lahir di tengah-tengah masyarakat pada awalnya di harapkan
dapat berfungsi dengan Positif dan Bermanfaat untuk semua kalangan manusia.
Namun
di balik harapan besar itu banyak masalah besar yang dihadapi setiap individu –
individu manusia yang di karena banyaknya pihak yang mengunakan Komputer pada
jalur – jalur yang yang tidak seharusnya, yang di akibatkan karena beberapa faktor
baik kurangnya pengetahuan tentang ilmu pemanfaatan Komputer terhadap
masyarakat, Kurangnya Pengawasan, dan adanya Kepentingan Pihak-pihak
tertertuntu yang tidak bertangung jawab dalam pemanfaatannya.
Manfaat
Komputer dimasarakat saat ini sangat di harapkan dapat Berjalan dengan Positif
untuk dijadikan sebuah media teknologi, yang memudahkan, membantu, mempercepat
dan mendukung kinerja manusia dalam semua hal untuk menjadi Lebih baik dan terarah.
Manfaat
Komputer dan Masyarakat itu sendiri adalah Sebuah cara bijak, dimana masyarakat
Mengunakan Komputer Sebagai media Teknologi yang dapat membantu setiap unsur
dalam kesatuan Masyarakat agar lebih muda Mengakses informasi dan Mempermuda
pekerjaan pada setiap Masyarakat secara menyeluruh.
Pada
dasarnya Komputer untuk dapat bermanfaat Positif ataupun Negatif tergantung
dari cara bagaimana setiap individu masayarakat yang mengunakannya.
1.2. Masalah
Dengan
Bercermin pada keadaan Pemanfaatan Komputer dimasyarakat saat ini maka muncul
berbagai masalah penting yang harus kita pahami secara lebih seksama,
diantaranya :
-
Pemanfaatan
Komputer yang tidak terbatas pada masyarakat
-
Kemudahan
Masyarakat Mengakses Informasi Melalui media Komputer
-
Kurangnya
Pengawasan Terhadap Masyarakat dalam Mengunakan Komputer
-
Perkembangan
Komputer yang begitu cepat dimasyarakat yang tidak dibaringi dengan
perkembangan dan Pengetahuan Etika dalam Hal Teknologi
-
Kurangnya
Sosialisasi Hukum Terhadap Masyrakat Mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi
atau Komputer
1.3. Penyelesain
Masalah
Dengan
adanya masalah yang timbul terhadap cara pemanfaatan Komputer oleh masyarakat,
maka ada beberapa cara yang dapat digunakan sebagai Solusi untuk Permasalah
tersebut, antara lain:
-
Adanya bentuk
Pengawasan nyata terhadap Masyarakat Mengenai Pemanfaatan Pengunanaan Komputer
atau Teknologi Informasi baik oleh pemerintah, swasta, mahasiswa dan masyarakat
itu sendiri.
-
Dilakukannya
sosialisasi mengenai aturan hukum, manfaat dan cara yang positif atau benar
dalam pemanfaatan Komputer terhadap masyarakat
1.4. Tujuan
Adapun
tujuannya adalah agar di temukan cara yang benar dalam pemanfaatan Komputer di
tengah-tengah masyarakat dan mampu menekan bahkan menghilangkan tindakan
negatif yang dilakukan melalui media teknologi informasi atau Komputer. Adapun
tujuan-tujuan yang kami coba capai antara lain:
-
Mencoba
Menciptakan Masyarakat yang benar dan bijak dalam mengunakan Komputer
-
Masyarakat yang
mengakses informasi dapat fokus pada tujuan mencari informasi yang baik
-
Tidak ada lagi
pelangaran hukum yang dilakukan melalui media computer dan TI lainnya seperti
PornoGraphi, data Forgery, Gambling,
Fraud, Piracy, dan Cracker.
1.5. Manfaat
Manfaat
yang dapat Kita Peroleh dalam upaya mencerdeskan dan membijakan masyarakat
dalam pemanfaatan Komputer antara lain:
-
Masyarakat akan
menjadi masyarakat yang bijak dalam pemanfaatan komputer
-
Masyarakat dapat
berkembang secara bersamaan dengan perkembangan teknologi
BAB. II
PEMBAHASAN
2.1. Masyarakat Memanfaatkan
Komputer
Masyarakat
Indonesia pada umumnya mengunakan Komputer sebatas untuk menikmati atau
memanfaatkan Aplikasi-aplikasi yang ada pada komputer itu, mereka berkreasi
lewat media Komputer tanpa mempertimbangkan lebih jauh dari kemungkinan dampak
negatif yang akan mereka lahirkan dari aplikasi yang mereka gunakan, misalnya
Pengunaan Aplikasi seperti Studio Video yang berupa Convert, Photo editing, dan
Pemanfaatan Pendukung kerja pada Komputer misalnya Scan dan Barning zet super
dengan kemudahanya untuk diperoleh karena kurangnya pengawasan dan sosialisa
dalam hal untuk mengunakan secara bijak maka banyak hal-hal negatif yang dibuat
melalui aplikasi software dan Media Hadware tersebut. Dengan di dukung kemajuan
serta kebebasan dalam mengakses internet maka tidak menutup peluang untuk
berbuat salah dalam pemanfaatannya dikalangan masyarakat. Melihat banyaknya isu
social yang dilahirkan dari hal-hal tersebut, maka sebagai pihak-pihak yang
mengerti akan hal itu sebaiknya dapat ambil adil dalam upaya peneyelamatannya
baik itu kalangan pemerintah, swasta, mahasiswa khsusnya Mahasiswa yang
bergerak di bidak Ilmu Informasi atau Komputer seperti STMIK Bina Bangsa
Kendari, dan masyarakat itu sendiri yang sadar dan mengerti akan Komputer.
2.2. Aplikasi
dan Manfaatnya
Dengan
banyaknya software yang berupa aplikasi yang dimiliki secara individu oleh
masyarakat, dan aplikasi tersebut dengan mudanya mereka gunakan seperti Game,
studio Video, dan adanya internet sebagai media Pencari data dan informasi yang
muda di temui oleh masyarakat.
2.2.1. Game /
Media Permainan
Permainan ini cepat sekali mendapat pasaran dan
terutama sekali di gemari oleh generasi muda. Berbagai jenis permainan yang
belum pernah ada terwujud menjadi kenyataan. Tempat permainan tersebar
dimana-mana di pusat-pusat perbelanjaan, rekreasi atau di dekat-dekat sekolah.
Sehingga anak-anak muda mulai melupakan kewajibannya sebagai murid atau sebagai
anggota masyarakat. Para pendukung permainan ini menyatakan bahwa sifat
permainan adalah mendidik dan meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan.
Ada sementara pendapat yang mengatakan bahwa anak muda yang menyukai permaianan
video mereka akan tertarik dengan komputer dan pemrogramman akan tetapi
kenyataannya komputer pribadi lebih banyak digunakan untuk permainan dari pada
pemrogramman. Dan itulah dampak
social yang kita harus akaui bahwa Indonesia saat ini mengalami masa transisi
teknologi yang butu pengawalan serius dalam pengarahnya untuk kearah yang lebih
positif dan bermanfaat.
2.2.2. Studio
Video dan Desai Grafik
Studio Video dan Desain Grafik mempunyai
beberapa aplikasi yang tersebar dengan mudah di masyarakat seperti Ulead Video
dan Photoshop aplikasi ini hanya contoh kecil dari aplikasi untuk mengedit
video atau mengedit gambar, pada dasarnya aplikasi ini untuk pembuatan video
documenter yang bermanfaat dan untuk memperindah gambar atau Foto namun banyak
terjadi penyimpangan dalam pengunaannya misalnya di jadikan media untuk membuat
editing video yang sifatnya manipulasi gambar sehingga terjadi Pelangaran Pencemaran
nama baik misalnya, di buat video atau foto artis atau pejabat dalam bentuk
Porno Grafi atau aksi yang sbenernya hal itu tidak pernah terjadi atau bahkan dijadikan
media menduplikat surat-surat berharga baik data maupun tanda tangan serta
dijadikan media untuk pemalsuan uang.
2.2.3. Internet
Internet adalah kumpulan komputer pribadi yang
terkait satu dengan lainnya dalam bentuk jaringan. Jaringan tercipta melalui
saluran telekomunikasi, seperti telepon. Komputer pribadi dapat berada di
berbagai tempat yang terpisah, baik didalam wilayah nasional maupun
internasional.
Setiap komputer pribadi yang tergabung dalam
jaringan dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data lateral citra dan
suara. Seketika itu dan dalam dua arah. Istilah lain untuk internet adalah
dunia maya
Internet adalah milik masyarakat dunia. Tidak ada
orang atau lembaga yang dapat mengklaim Internet sebagai miliknya sendiri.
Sebagai warga internet, anda dapat melakukan pertukaran teks dan berbagai pesan
dengan berjuta manusia dalam bisnis, akademi, pemerintahan dan organisasi lain,
mengakses perangkat lunak, dokumen tentang seni, politik, kebudayaan, gambar,
peta, cuaca, katalog perpustakaan dan berbagai informasi dari berbagai tempat
diseluruh dunia.
Internet diibaratkan sebagai suatu kota
elektronik berukuran raksasa, dimana setiap penduduk memiliki alamat yang dapat
digunakan untuk berkirim surat. Jika ingin berkeliling kota cukup dengan komputernya
sebagai kendaraan.
A.
Interner Perpustakaan Elektronik Masyarakat
Ruang dan waktu merupakan dua permasalahan utama
yang dihadapi oleh Perpustakaan dewasa ini. Biaya yang diperlukan untuk
menyimpan buku, majalah, jurnal, surat kabar dan makalah terus membengkak.
Disamping hal itu, beban petugas perpustakaan untuk melayani pembaca untuk
menemukan bahan bacaan yang diperlukan semakin hari semakin berat karena jumlah
bacaan yang semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan lambatnya pelayanan.
Permasalahan tersebut dicoba diatasi dengan
bantuan komputer. Komputer pada sat ini sudah mampu menggantikan katalogdan
berdaya tampung besar. Sistem basis data jugatelah berkembang sehingga mampu
untuk mengelola data dalam jumlha yang amat besar. Kemajuan dalam tekhnik
pencarian kembali informasi telah memungkinkan dilakukan pencarian kembali
informasi dalam waktu yang singkat.
Perkembangan tekhnik pencetakan dengan bantuan
komputer membuka nuansa baru dalam penyimpanan informasi. Buku atau majalah
yang dicetak selalu diolah dan diperiksa ulang dengan komputer, sehingga
informasi elektronis dapat diperoleh secara langsung.
B.
Fasilitas
yang diberikan Internet Untuk Masyarakat
Internet sebagai jaringan
komputer global telah terbukti dapat mempermudah pemakainya untuk berkomunikasi
dan memeperoleh informasi. Berikut ini dilampirkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh internet, antara lain :
·
E-mail
·
Mailing List (kelompok
diskusi)
·
File server/transfer
·
Web/Distributed Multimedia
database, serta
·
Video dan Suara
Surat elektronik (E-mail), Dengan menggunakan
fasilitas ini anda dapat berkirim surat dan file antar komputer keseluruh dunia
hanya membayar pulsa telepon lokal dan berita yang anda kirim akan sampai
ketujuan dalam beberapa menit.
Kelompok diskusi (mailinglist), Fasilitas ini
dibangun dengan tekhnik yang sama dengan proses penyebaran elektronik. Dengan
fasilitas ini berita di distribusikan kebanyak pengguna sekaligus, sehingga
penggunanya dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara
elektronik tanpa terikat oleh waktu dan ruang.
File server/transfer. Fasilitas ini memungkinkan
anda menyalin file yang anda perlukan yang ada di internet dan menyimpannya
pada file komputer anda.
Web/Distributed Multimedia Database, fasilitas
yang memudahkan anda dalam melakukan navigasi informasi di internet.
Fasilitas Video dan Suara, dengan fasilitas ini
anda dapat menemukan suara dan gambar yang banyak tersedia di internet
2.3 Komputer dan
isu sosial di masyarakat
Akhir-akhir ini sangat banyak isu sosial yang
berkembang dimasyarakat yang diakibatkan Teknologi Informasi, miasalnya isu sosial
yang paling sering kita dengar adalah Pornography. Isu ini menjadi permasalahan
seluruh masyarakat.
Pornhografi
dan Media internet saat ini seakan sajian yang tidak bisa dipisakan, hal ini
tidak bisa kita mungkiri. Dan pada dasarnya pornohgrafi di akses oleh semua
kalangan melalui media internet 90% tanpa disengaja. Hal ini memang terbukti,
jika kita lihat hampir disemua blok atau situs-situs internet yang ada terdapat
setidaknya sajian-sajian pornografi, baik itu berupa iklan atau tampilan sebuah
blok.
Masyarakat
sosial khususnya orang tua anak sangat kwatir dengan keadaan ini. Karena selain
game ada masalah besar yang dihadapi dunia mengenai teknologi khususnya dalam
hal Internet.
Menurut seorang Ahli dalam
mendefinisiakn masyarakat yaitu Prof.M.M. Djojodiguno menyatakan bahwa
masyarakat adalah suatu kebulatan dari pada segala perkembangan dalam hidup
bersama antar manusia dengan manusia. Dengan defenisi ini jika dikaitkan dengan
Perkembangan Teknologi maka masyarakat seakan ikut berpacu berkemabang berusaha
ketaraf yang lebih baik bersama teknologi.
Dengan isu-isu sosial yang begitu banyak
lahir dan berkemabang yang di akibatkan teknologi maka banyak factor-faktor
yang harus kita benahi dalam hubungan teknologi informasi dan masyarakat.
Isu sosial yang sangat luas hari ini
adalah Pornografi yang rame di media internet suda menjadi tugas kita semua
untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas agar selalu fokus pada tujuan
baik dalam mengunakan internet dan hal ini pada dasarnya suda sering coba di
hilangkan oleh pemerintah dengan cara memblokir situs-situs pornografi ini.
Aksi Pornografi melalui Internet memang
menjadi musu kita bersama dan untuk menghentikannya harus dilakukan dari semua
kalangan masyarakat itu sendiri.
Isu Sosial inilah yang menghantui
masyarakat saat ini namun dibalik semua itu internet dan Komputer sangat
berperan penting dalam kehidupan manusia.
BAB. III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Pemanfaatan
Komputer masyarakat harus selalu diikuti dengan tindakan positif nyata dan baik
berupa sosialisasi pengunaan ataupun sosialisasi hukum dan etika mengunakan
komputer, sehingga masyarakat bijak dalam setiap hal pengunaanya dan suda
menjadi tugas kita selaku mahasiswa yang bergelut di bidang Komputer dan
informasi Khususnya mahasiswa STMIK Bina Bangsa Kendari untuk selalu mau dan
siap ambil adil dalam upaya penyelamat moral generasi bangsa di sekitar kita
masing – masing dalam hal pengunaan Komputer secara bijak dan tepat. Sehingga
nantinya menjadi masyarakat yang sadar akan kegunaan dan manfaat komputer yang
sebenarnya.
3.2. Saran
Pada dasarnya kami menyadari bahwa
banyak kekurang dalam penyusunan makalah sederhana ini, Oleh karena itu saran
dari segalah pihak kami sangat harapkan, bagi kami saran dari semua pihak
adalah bukti bahwa makalah ini mendapat perhatian lebih dari semua pihak. Serta
kritk yang membangun sangat kami rindukan karena bagi kami kritik itu adalah
kripik yang sangat enak untuk di nikmati serta dan dijadikan batu loncata untuk
menjadi lebih baik serta mampu menjaukan makalah ini dari sifat pembodohan
publik dan dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat di segala kalangan.
MANTAP
BalasHapus