Sabtu, 19 Maret 2016

CARA MENULIS PUISI YANG BAIK FERSI TEMANKU

ara membuat puisi yang baik, benar, dan indah sebenarnya tidak terlalu sulit. Microgist telah memaparkan bagaimana cara membuat puisi yang baik, bagaimana agar puisi tersebut menjadi indah?

Namun demikian ada baiknya untuk merangkum seluruh langkah demi langkah. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk mulai menulis puisi. Silakan klik sub-judul untuk pembahasan lebih detil.

Langkah 1

Pilih Tema Yang Diminati

Agar dapat membuat puisi yang baik dengan mudah, pilihlah tema yang paling diminati. Cirinya Anda menyukai tema tersebut, banyak informasi mengenainya, dan ada rasa senang ketika membicarakannya.

Sebagai contoh tema cinta. Dari tema cinta kita dapat memilih sub-tema lainnya, seperti sedih, bahagia, kesetiaan, sakit hati, pengorbanan, dan hal-hal yang berhubungan dengan cinta. 

Carilah yang paling Anda kuasai. Misalnya tentang rindu. Jika Anda pandai mengungkapkan kerinduan, maka itulah tema yang paling pas untuk dijadikan puisi. 


Langkah 2

Memilih Kata Yang Tepat

Temukan dan gunakan kata-kata yang tepat. Penggunaan kata bisa dilatih. Jika Anda tekun berlatih, pemilihan kata bukan lagi sebagai halangan. 

Banyak orang yang merasa tidak cukup mampu membuat puisi yang indah hanya karena ia tidak bisa menemukan kata yang benar untuk puisinya. 

Untuk mengatasi hal itu, gunakan teknik konversi: yaitu membuat berbagai versi dari kalimat yang Anda buat. Sebagai contoh kita buat kalimat lain dari "Aku mencintaimu." Inilah beberapa versi lain dari kalimat tersebut.
  • Ingin Kuungkapkan Cinta Ini
  • Betapa Indahnya Engkau Ketika Kau Tawan Cintaku
  • Hatiku Hanya Berpaut Padamu
  • Jiwaku Menyentuh Jiwamu
Makna dari berbagai kalimat di atas sebenarnya sama, yakni "Aku mencintaimu." 


Langkah 3

Membangun Suasana

Langkah berikutnya dalam membuat puisi yang baik, benar, dan indah adalah dengan membangun suasana. Membuat suasana yang sesuai dapat menjadi nilai lebih dalam sebuah puisi.

Caranya bisa dengan menggunakan kata teknik sinonim, metafora dan deskriptif. Teknik sinonim yaitu dengan menemukan dan menggunakan kata-kata yang semakna. Misalnya kata bahagia bisa juga bermakna senang, riang, gembira, cerah. 

Metafora yaitu dengan menyamakan kata "bahagia" dengan fenomena alam, misalnya musim bersemi, bunga-bunga mekar, wangi, cahaya cerah matahari, rembulan purnama. 

Sedangkan deskriptif yaitu dengan menggambarkan atau mendefinisikan suasana yang kita ingin buat. 


Langkah 4

Penuhi Dengan Perasaan

Puisi yang baik adalah puisi yang memberikan sebuah kesan tersendiri kepada pembacanya. Kesan dalam puisi terbentuk oleh perasaan para penulisnya. 

Ada semacam telepati antara penyair dan pembaca. Yaitu mereka pembaca dapat merasakan apa kondisi kejiwaan si pembuat puisi tadi. 

Itulah beberapa teknik dan cara membuat puisi yang baik, benar, dan indah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WAJIB KLIK DI SINI